Home FIQIH Syarat-syarat Wajib Melaksanakan Sholat

Syarat-syarat Wajib Melaksanakan Sholat

2732
1
Syarat syarat wajib Melaksanakan Sholat
Syarat syarat Wajib Melaksanakan Sholat

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Pembaca yang dirahmati Allah SWT. Sebelum admin coretanpengetahuan.com menerangkan tentang Syarat-syarat Wajib Melaksanakan Sholat petama-tama kita selalu tak henti-hentinya kita selalu merasa bersukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat dan karunianya yang telah diberikan kepada kita semua mari rasa syukur kita, kita iqrarkan dengan bacaan hamdallah “Alhamdulillahirabbil’alamiin”.
Solawat beserta salam yang sindah-indahnya dan seagung-agungnya semoga selalu terlimpah ruah kepada junjungan kita reformis akbar Sayidul Anniyaiwalmursaliin beliau Rosulillahi SAW. Mari rasa mahabbah dan ta’dhim kita iqrarkan dengan bacaan sholawat “Assolatu wassalamu’alaika wa’alaa aalika Yaa Sayyidi Yaa Rasuulullah” semoga kelak kita semua di yaumul qiyamah mendapat syafaatnya Amiin. Dalam kesempatan ini kami akan berbagi ilmu tentang Syarat-syarat Wajib Melaksanakan Sholat.

Syekh Abu Syuja’ Al-Asfahani menyebutkan di dalam kitabnya Ghoyah Wa At-taqrib ada tiga perkara yang menjadi Syarat-syarat Wajib Melaksanakan Sholat Yaitu:

وَشَرَائِطُ وُجُوْبِ الصَّلاَةِ ثَلاَثَةُ أَشْيَاءَ الإِسْلاَمُ وَاْلبُلُوْغُ وَاْلعَقْلُ وَهُوَ حَدُالَّتكْلِفِ

Menurut Syekh Abu Syuja’ Al-Asfahani menyebutkan di dalam kitabnya Ghoyah Wa At-taqrib ada 3 (tiga) perkara yang menjadi Syarat-syarat Wajib Melaksanakan Sholat: 1. Beragama Islam; 2. Baligh 3. Berakal.
Seperti Mushonef kitab Fathul Qariib Al-Mujiib Syekh Ibnu Qasim Al-Ghazi menjelaskan secara singkat ketiga hal tersebut.

Bacalah Juga Artikel dibawah Ini:
Syarat syarat Tayamum
Fardhu Dalam Bertayamum
Kesunnahan dalam Bertayamum
Tiga Hal Yang Membatalkan Tayamum

Tiga Perkara yang Menjadi Syarat-syarat Wajib Melaksanakan Sholat Yaitu:

1. Beragama Islam

احدها الإسلام فلاتجب الصلاة على الكافر الأصلي ، ولا يجب عليه قضاؤه إذا أسلم ، وأماالمرتد فتجيب عليه الصلاة وقضاؤه إن عاد إلى الإسلام .

Syarat yang pertama adalah Beragama islam. Hukum Sholat itu tidak wajib bagi orang yang kafir asli atau sejak lahir sudah dalam lingkungan orang kafir. Dan orang tersebut juga tidak wajib meng-qodloi sholat (yang ia tinggal selama ia menjadi kafir) jika ia sudah masuk islam sedangkan orang tersebut murtad, ia tetap wajib melakukan sholat dan wajib meng-qodloi sholat jika ia kembali memeluk agama Islam.

2. Baligh

الثاني البلوغ فلا تجب على صبي وصبية لكن يؤمران بها بعد سبع سنينإن حصل التمييز بها، وإلا فبعد تمييز ويضربان على تركها بعد كمال عشر سنين

Syarat yang kedua adalah orang yang sudah Baligh. Sholat tidak wajib bagi anak kecil laki-laki dan anak kecil perempuan. Namun keduanya wajib diperintah melakukan sholat setelah umur 7 tahun jika Bersama umur tersebut sudah muncul sifat tamyiz. Bila tidak maka diperintah setelah adanya sifat tamyiz. Keduanya juga wajib dipukul jika meninggalkan sholat setelah sempurna usia 10 tahun. Adapun pengertian tentang tamyiz2 adalah Kondisi seseorang anak yang sudah bisa makan, minum, dan beristinjak secara mandiri. Ada juga yang menyatakan, tamyiz itu sudah mengetahui bagian kanan dan bagian kirinya. Ada juga yang menyatakan, telah paham bila diajak bicara dan mampu menjawab dan sudah mengerti mana yang bermanfaat baginya dan mana yang berbahaya baginya. (Al-Bajuri, Darul Kutub Al-Ilmiyah, Juz 1, hal.252).

3. Berakal

الثالث العقل فلا تجب على مجنون وقوله وهو حد التكلف سا قط في بعد نسخ المتن

Syarat yang Ketiga adalah Orang yang berakal. Sebagaimana orang yang mau melakukan sholat harus berakal dan sholat itu tidak wajib bagi orang yang gila.

Penyiar Sholawat Wahidiyah
Penyiar Sholawat Wahidiyah

Bacalah Juga Artikel dibawah Ini:
Thoharoh dan Medianya
Macam Macam Najis dan Cara Mensucikannya
Mengenal Rukun Wudhu

Demikianlah keterangan singkat tentang Syarat-syarat Wajib Melaksanakan Sholat, semoga bisa bermanfat bagi para pembaca Artikel Coretanpengetahuan.com kalau ada kesalahan kurang lebihnya kami mohon maaf bila mana ada kesalahan dalam penulisan artikel mohon bisa berkomentar di kolom komentar semoga dalam penulisan menjadi yang lebih baik lagi.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here