Home FIQIH SYARAT-SYARAT SHOLAT JUM’AT

SYARAT-SYARAT SHOLAT JUM’AT

25
0
syarat-syarat sholat jum'at
syarat-syarat sholat jum'at

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.
Pembaca yang dirahmati Allah SWT. Sebelum admin coretanpengetahuan.com menerangkan tentang Syarat-Syarat Sholat Jum’at. Pertama-tama kita selalu tak henti-hentinya selalu merasa bersukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat dan karunianya yang telah diberikan kepada kita semua mari rasa syukur kita, kita iqrarkan dengan bacaan hamdallah “Alhamdulillahirabbil’alamiin”.

Solawat beserta salam yang sindah-indahnya dan seagung-agungnya semoga selalu terlimpah ruah kepada junjungan kita reformis akbar Sayidul Anbiyaiwalmursaliin beliau Rosulillahi SAW. Mari rasa mahabbah dan ta’dhim kita iqrarkan dengan bacaan sholawat “Assholatu wassalamu’alaika wa’alaa aalika Yaa Sayyidi Yaa Rasuulullah” semoga kelak kita semua di yaumul qiyamah mendapat syafaatnya Amiin.

Dalam kesempatan ini kami akan berbagi ilmu tentang Syarat-Syarat Sholat Jum’at. Sebelum membahas tentang syarat-syarat sholat Jumat ini, alangkah baiknya jika kita tahu terlebih dahulu tentang hari Jumat. Hari Jum’at merupakan hari yang paling istimewa dibandingkan dengan hari-hari yang lain. Karena hari Jumat ini juga merupakan hari rayanya umat Islam dalam satu minggu tersebut. Dalam sebuah hadits, juga disebutkan bahwa sangatlah banyak keutamaan-keutamaan yang ada pada hari tersebut, dan salah satunya adalah shalat Jumat.

Sesungguhnya Sholat Jum’at itu istimewa, dalam al-Qur’an sendiri juga terdapat surat yang dinamai dengan surat al-Jum’ah, surat yang ke 62. Dalam ayat sembilan pada surat tersebut juga terdapat penjelasan tentang perintah untuk melaksanakan Sholat Jum’at :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوۡمِ ٱلۡجُمُعَةِ فَٱسۡعَوۡاْ إِلَىٰ ذِكۡرِ ٱللَّهِ وَذَرُواْ ٱلۡبَيۡعَۚ ذَٰلِكُمۡ خَيۡرٞ لَّكُمۡ إِن كُنتُمۡ تَعۡلَمُونَ
“Wahai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum´at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Demikian itu adalah baik bagimu sekalian jika kamu mengetahui” (Q.S. Al-Jumu’ah: 9)
Sebagimana sholat-sholat yang lain, sholat jum’at juga diatur sedemikian rupa ada syarat, rukun, serta kesunnahan-kesunnahannya. Namun pada kesempatan ini admin akan menjelaskan sedikit tentang syarat-syarat sholat jum’at.

Syarat-syarat Sholat Jum’at

1. Syarat Wajib Sholat Jum’at

Syekh Abu Syuja’ Al-Asfahani menyebutkan di dalam kitabnya Ghoyah Wa At-taqrib ada Tujuh Syarat Wajib Sholat Jum’at sebagai berikut:

Syarat Wajib Sholat Jum'at
Syarat Wajib Sholat Jum’at

وَشَرَائِط وُجُوْبِ الْجُمُعَةِ سَبْعَةُ أَشْيَاءَ الْإِسْلَامُ وَالْبُلُوْغُ وَالْعَقْلُ وَالْحُرِيَّةُ وَالذُّكُوْرِيَّةُ وَالصِّحَةُ وَالْاِسْتِيْطَانُ
Syarat-syarat wajib melaksanakn sholat jum’at ada tujuh perkara: 1) Islam; 2) Baligh; 3) Berakal; 4) Merdeka; 5) Laki-laki; 6) Sehat; 7) Bertempat tinggal tetap.

Adapun syarat Islam, Baligh dan berakal juga termasuk syarat-syarat wajib dalam sholat-sholat selain sholat sholat jum’at. Sedangkan syarat yang merdeka, laki-laki, sehat dan dan bertempat tinggal tetap, menjadi syarat wajib dalam sholat jum’at. Dengan demikian maka sholat Jum’at tidak wajib bagi orang kafir asli, anak kecil, orang gila, budak, wanita, orang sakit dan sesamanya, serta seorang musafir.

Bacalah Juga Artikel dibawah Ini:
Syarat-syarat Wajib Melaksanakan Sholat
Tata Cara Melaksanakan Sholat Qashar dan Jama’
Ketentuan Melaksanakan Sholat Fardhu

2. Syarat Sah Sholat Jum’at

Syekh Abu Syuja’ Al-Asfahani menyebutkan di dalam kitabnya Ghoyah Wa At-taqrib ada Lima Perbedaan Laki-Laki Dan Perempuan didalam Sholat Yaitu:

Syarat Sah Sholat Jum'at
Syarat Sah Sholat Jum’at


وَشَرَائِطُ فِعْلِهَا ثَلَاثَةٌ أَنْ تَكُوْنَ الْبَلَدُ مِصْرًا أَوْ قَرْيَةً وَ أَنْ يَكُوْنَ الْعَدَدُ أَرْبَعِيْنَ مِنْ أَهْلِ الْجُمُعَةِ وَ أَنْ يَكُوْنَ الْوَقْتُ بَاقِيًا
syarat-syarat sah pelaksanaan sholat Jum’at ada tiga: 1) Daerah tersebut adalah kota atau desa; 2) Jumlah jamaah sholat Jum’at mencapai empat puluh orang laki-laki dari golongan ahli Jum’at; 3) waktu pelaksanaannya masih tersisa.

a). Daerah tersebut adalah kota atau desa

Daerah yang digunakan sholat Jum’at merupakan tempat tinggal yang dihuni oleh sejumlah orang yang melakukan sholat Jum’at, baik berupa kota ataupun pedesaan yang dijadikan tempat tinggal tetap.

b).Jumlah jamaah sholat Jum’at mencapai empat puluh orang laki-laki dari golongan ahli Jum’at

Jumlah minimal jama’ah sholat jum’at adalah 40 orang mukallaf laki-laki dan dan bertempat tinggal tetap, sekira tidak berpindah dari tempat tinggalnya baik di musim dingin atau kemarau kecuali karena hajat.

c). Waktu pelaksanaannya masih tersisa

Yang dimaksud waktu pelaksanaannya masih tersisa, yaitu waktu sholat Dhuhur. Maka seluruh bagian sholat Jum’at harus terlaksana di dalam waktu. Sehingga, seandainya waktu sholat Dhuhur mepet, yaitu waktu yang tersisa tidak cukup untuk melaksanakan bagian-bagian wajib di dalam sholat Jum’at yaitu dua khutbah dan dua rakaatnya, maka yang harus dilaksanakan adalah sholat Dhuhur sebagai ganti dari sholat Jum’at tersebut. Jika waktu sholat Dhuhur telah habis, atau syarat-syarat sholat Jum’at tidak terpenuhi, maksudnya selama waktu Dhuhur baik secara yaqin atau dugaan saja, dan para jama’ah dalam keadaan melaksanakan sholat Jum’at, maka yang dilakukan adalah sholat Dhuhur dengan meneruskan apa yang telah dilaksanakan dari sholat Jum’at, dan sholat Jum’at tersebut dianggap keluar baik telah melakukan satu rakaat darinya ataupu tidak. Seandainya para jama’ah ragu terhadap habisnya waktu dan mereka berada di dalam sholat, maka mereka menyempurnakan sholat tersebut sebagai sholat Jum’at menurut pendapat al Ashah.

Bacalah Juga Artikel dibawah Ini:
Lima Perbedaan Laki-Laki Dan Perempuan di dalam Sholat
Hal Hal Yang ditinggalkan Saat Sholat
Ketentuan Melaksanakan Sholat Berjamaah

Demikianlah sedikit keterangan mengenai Syarat-Syarat Sholat Jum’at semoga artikel ini bisa kita peraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. kalau ada kesalahan dalam penulisan kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kami juga membutuhkan saran dan keritikan dalam penulisan diatas silahkan berkomentar dikolom komentar semoga artikel yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here