Home FIQIH Mandi Yang Disunnahkan

Mandi Yang Disunnahkan

48
0
Mandi Yang Disunnahkan
Mandi Yang Disunnahkan

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.
Pembaca yang dirahmari Allah SWT. Sebelum admin coretanpengetahuan.com menerangkan tentang Apa Saja Mandi yang Disunnahkan petama-tama kita selalu tak henti-hentinya kita selalu merasa bersukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat dan karunianya yang telah diberikan kepada kita semua mari rasa syukur kita, kita iqrarkan dengan bacaan hamdallah “Alhamdulillahirabbil’alamiin”.
Solawat beserta salam yang sindah-indahnya dan se agung-agungnya semoga selalu terlimpah ruah kepada junjungan kita reformis akbar Sayidul Anniyaiwalmursaliin beliau Rosulillahi SAW. Mari rasa mahabbah dan ta’dhim kita iqrarkan dengan bacaan sholawat “Assolatu wassalamu’alaika wa’alaa aalika Yaa Sayyidi Yaa Rasuulullah” semoga kelak kita semua di yaumul qiyamah mendapat syafaatnya Amiin. Dalam kesempatan ini kami akan berbagi ilmu tentang Mandi Apa saja yang Disunnahkan.

Pada Kesempatan yang lalu kami telah membahas Fardlu Dalam Mandi Wajib (Mandi Junub). Maka dari itu sekerang kami akan melanjutkan pembahasan tentang Mandi Apa Saja Yang Disunnahkan. Adapun dalam melaksanakan mandi itu ada beberapa kesunatan yang hendaknya dilaksanakan untuk mendapatkan keutamaan.

Baca Juga:
Mengenal Rukun Wudhu
Sepuluh Kesunnahan dalam Berwudhu
Doa Setelah Berwudhu Lengkap Beserta Artinya
Enam Perkara Yang Membatalkan Wudhu

Mandi Yang Disunnahkan

Menurut Syekh Abu Syuja’ Al-Asfahani Menebutkan di dalam kitab Goyah Wa At-Taqrib ada 17 mandi yang disunnahkan.

فصل ، والإغتسا لات المسنونة سبعة عشر غسلاغسل الجمعة والعيدين والإستسقاء والخسوف والكسوف والغسل من غسل الميت والكافر إذاأسلموالمجنونوالمغمى عليه إذا أفاقا والغسل عند الاحرام ولدخول مكة وللوقوف بعرفة وللمبيت بمزدلفة ولرمى الجمار الثلاث والطواف للسعى ولدخول مدينة رسول الله صلى الله عليه وسلم


Mandi yang disunnahkan ada 17 macam yaitu:

1. mandi dalam rangka sholat Jum’at;
2 sholat hari raya (hari raya idul fitri dan hari raya idul adha);
3. mandi ketika mau melakukan sholat istisqo’;
4. Mandi ketika mau melakukan sholat gerhana bulan;
5. Mandi ketika mau melakukan sholat gerhana matahari;
6. mandi sehabis memandikan jenazah;
7. Mandi bagi orang kafir yang masuk islam;
8. Mandi setelah sembuh dari gila;
9. Mandi setelah sadar dari pingsan;
10. Mandi hendak ihram;
11. Mandi hendak mau masuk kota mekkah;
12. Mandi hendak wuquf;
13. Mandi hendak bermalam di muzdalifah;
14. Mandi hendak melontar jumroh;
15. Mandi hendak thowaf;
16. Mandi hendak sa’I;
17. Mandi hendak masuk Kota Madinah.

fafirruuilallah
fafirruuilallah

Baca Juga:
Thoharoh dan Medianya
Macam-macam Najis dan Cara Mensucikannya

Demikianlah sedikit keterangan mengenai apa saja mandi yang disunnahkan semoga artikel ini bisa kita peraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena salah satu syarat kita beribadah harus suci dari najis dan hadast dan diketahui oleh setiap orang muslim mengingat suci dari najis dan hadast merupakan salah satu syarat kabsahan dan ibadah lainnya yang mensyarakannya. kalau ada kesalahan dalam penulisan kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kami juga membutuhkan saran dan keritikan dalam penulisan diatas silahkan berkomentar dikolom komentar semoga artikel yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

Wassalamu ‘Alaikum Wr. Wb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here