Home FIQIH FARDHU DALAM BERPUASA RAMADHAN

FARDHU DALAM BERPUASA RAMADHAN

2313
0
Fardhu Dalam Puasa Ramadhan
Fardhu Dalam Puasa Ramadhan

Pembaca yang dirahmati Allah SWT. Sebelum admin coretanpengetahuan.com menerangkan tentang Fardhu Dalam Berpuasa Ramadhan. Pertama-tama kita selalu tak henti-hentinya selalu merasa bersukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat dan karunianya yang telah diberikan kepada kita semua mari rasa syukur kita, kita iqrarkan dengan bacaan hamdallah “Alhamdulillahirabbil’alamiin”.

Solawat beserta salam yang sindah-indahnya dan seagung-agungnya semoga selalu terlimpah ruah kepada junjungan kita reformis akbar Sayidul Anbiyaiwalmursaliin beliau Rosulillahi SAW. Mari rasa mahabbah dan ta’dhim kita iqrarkan dengan bacaan sholawat “Assholatu wassalamu’alaika wa’alaa aalika Yaa Sayyidi Yaa Rasuulullah” semoga kita semua mendapat syafa’atnya min yaumina hadza ila yaumil qiyamah Amiin. Dalam kesempatan ini kami akan berbagi ilmu tentang Fardhu Dalam Berpuasa Ramadhan.

Setiap ibadah dalam agama Islam, termasuk puasa Ramadhan, dianggap sah jika sudah terpenuhi syarat dan rukunnya atau fardhunya. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang syarat-syarat menjalankan ibadah puasa beserta penjelasannya. Nah kali ini kita akan membahas tentang Fardhu-Fardhu Dalam Berpuasa.

Bacalah Juga Artikel Dibawah ini:
Amalan Menyambut Bulan Ramadhan
Niat Dalam Puasa Ramadhan
Syarat Wajib Menjalankan Ibadah Puasa

Syekh Abu Syuja’ Al-Asfahani menyebutkan di dalam kitabnya Ghoyah Wa At-taqrib ada empat perkara yang menjadi Fardhu-Fardhu Dalam Berpuasa:

Fardhu Dalam Berpuasa Ramadhan
Fardhu Dalam Berpuasa Ramadhan

Ada 4 Fardhu dalam melaksanakan Puasa Ramdhan Yaitu:

1. Niat

Fardhu yang pertama yaitu harus niat dalam hati. Sahnya segala sesuatu amal itu ditergantung pada niat, itulah kenapa niat selalu menjadi rukun pertama dalam setiap ibadah lebih-lebih pada ibadah wajib.
Jika puasa yang dikerjakan adalah puasa wajib seperti puasa Ramadhan atau puasa nadzar, maka niat harus dilaksakan pada malam hari. Dan wajib juga menentukan puasa yang dilakukan misalnya puasa Ramadhan.
Adapun niat puasa Ramadhan yang paling sempurna pernah kami sampaikan pada artikel sebelumnya “ Niat Dalam Puasa Ramadhan” :

niat Puasa Ramadhan
Niat Puasa Ramadhan

2. Menahan dari Makan dan Minum

Fardhu kedua adalah menahan dari makan dan minum, jadi orang yang berpuasa wajib menahan dari makan dan minum walaupun perkara yang dimakan dan yang diminum hanya sedikit dengan unsur kesengajaan.
Jika seorang yang berpuasa melakukan makan dalam keadaan lupa maka hukumnya tidak batal, atau tidak mengetahui hukumnya karena baru masuk islam atau jauh dari ulama’ maka puasanya tidak batal.

3. Menahan dari Jima’

Fardhu ke tiga adalah menahan dari melakukan jima’ dengan sengaja. Adapun melakukan jima’ dalam keadaan lupa, maka hukumnya sama seperti makan dalam keadaan lupa. Namun jika ia melakukan jima’ dengan sengaja maka wajib mengqadha’ puasanya dan ia wajib membayar kafarat.
Kafarat tersebut adalah memerdekakan budak mukmin. Jika ia tidak menemukan budak, maka wajib melakukan puasa dua bulan berturut-turut. Jika tidak mampu melakukan puasa dua bulan, maka wajib memberi maka enam puluh orang miskin atau faqir. Masing-masing mendapatkan satu mud, maksudnya dari jenis bahan makanan yang bisa mencukupi di dalam zakat fitrah.

4. Menahan dari Muntah yang disengaja

Fardhu ke empat adalah menahan dari muntah dengan sengaja. Jika ia terpaksa muntah, maka puasanya tidak batal. Seperti seseorang yang mabuk perjalanan dan orang yang sakit maka puasanya tidak batal, namun orang yang bepergian dan orang yang sakit hukumnya mubah, jika ia merasa berat untuk berpuasa, maka baginya diperkenankan untuk tidak berpuasa dan wajib mengqadla’inya.

Bacalah Juga Artikel Dibawah Ini:
Lima Perbedaan Laki-Laki Dan Perempuan di dalam Sholat
Waktu-Waktu Yang Makruh Untuk Melaksanakan Sholat
Ketentuan Melaksanakan Sholat Berjama’ah

Penyiar Sholawat Wahidiyah
Penyiar Sholawat Wahidiyah

Demikianlah sedikit keterangan mengenai Fardhu Dalam Berpuasa Ramadhan. semoga artikel ini bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. kalau ada kesalahan dalam penulisan kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kami juga membutuhkan saran dan keritikan dalam penulisan diatas silahkan berkomentar dikolom komentar semoga artikel yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here