Home FIQIH AMALAN MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

AMALAN MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

2379
0
AMALAN MENYAMBUT BULAN RAMADHAN
AMALAN MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Pembaca yang dirahmati Allah SWT. Sebelum admin coretanpengetahuan.com menerangkan tentang Amalan Menyambut Bulan Ramadhan. Pertama-tama kita selalu tak henti-hentinya selalu merasa bersukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat dan karunianya yang telah diberikan kepada kita semua mari rasa syukur kita, kita iqrarkan dengan bacaan hamdallah “Alhamdulillahirabbil’alamiin”.

Solawat beserta salam yang sindah-indahnya dan seagung-agungnya semoga selalu terlimpah ruah kepada junjungan kita reformis akbar Sayidul Annbiyaiwalmursaliin beliau Rosulillahi SAW. Mari rasa mahabbah dan ta’dhim kita iqrarkan dengan bacaan sholawat “Assholatu wassalamu’alaika wa’alaa aalika Yaa Sayyidi Yaa Rasuulullah” semoga kelak kita semua di yaumul qiyamah mendapat syafaatnya Amiin.

Dalam kesempatan ini kami akan berbagi ilmu tentang Amalan Menyambut Bulan Ramadhan. Hari berganti hari sudah tidak terasa bulan sya’ban semakin hari semakin usai. Itu artinya Bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim yaitu bulan Suci Ramadhan semakin dekat. Sudah maklum bagi kita semua dengan keistimewaan bulan Ramadhan.

Kemudian apa saja amalan yang dilakukan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan .??

Pertama, Amalan Menyambut Bulan Ramadhan adalah amalan yang berkaitan dengan hati, mari hati kita niati untuk menyambut bulan Ramadhan dengan hati yang ikhlas menjalankan perintah Allah SWT dan Tuntunan Beliau Rosulullah SAW dengan hati yang gembira. Karena hal tersebut dapat menjauhkan kita dari api neraka.

Ada salah satu hadits yang tertulis didalam kitab durrotun Nasihin halaman 7 tujuh:

AMALAN MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

Begitulah sangat mulianya bulan suci Ramadhan sehingga untuk menyambutnya saja Allah SWT akan menggaransi tubuh kita agar selamat dari api neraka. Kita bisa menjumpai pada bulan Ramadhan adalah suatu kebahagiaan yang sangat luar biasa, Karena hanya di bulan suci Ramadhan kita bisa mendapatkan nikmat dan karunia yang tidak terkira dan tidak ternilai. Tidak heran memang apabila kemudian Nabi SAW. Dan para sahabatnya menyambut dengan tersenyum dan bertahmid dan melepas bulan suci Ramadhan dengan menangis.

Bacalah Juga Artikel dibawah ini:
Ketentuan Melaksanakan Sholat Berjamaah
Waktu-Waktu Yang Makruh Untuk Melaksnakan Sholat
Hal-Hal Yang ditinggalkan Saat Sholat

Kedua, Berziarah ke makam leluhur atau orang tua kita dan mengirimkan doa kepadanya di daerah jawa dikenal dengan istilah “kirim dungo poso” Yaitu mengirimkan doa untuk para leluhur dan sekaligus bertawashul kepada mereka semoga diberi keselamatan dan keberkahan dalam menjalankan puasa selama di bulan suci Ramadhan.

Ketiga, adalah Saling memaafkan kepada semua orang, mengingat bulan suci Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia dan suci, mata dalam tradisi bersuci dengan cara saling berma’af-ma’afan sangat sesuai Ketika menghadapi bulan Suci Ramadhan. Baik bersuci secara lahir seperti membersihkan rumah dan tempat ibadah dan maupun bersuci secara batin yang biasanya dilakukan dengan saling berma’af ma’afan antara sesame umat muslim.

Penyiar Sholawat Wahidiyah
Penyiar Sholawat Wahidiyah

Bacalah Juga Artikel dibawah ini:
Syarat-syarat Tayamum
Fardhu dalam Bertayamum
Kesunnahan dalam Bertayamum

Demikin sedikit artikel dari coretanpengetahuan.com tentang Amalan Menyambut Bulan Ramadhan semoga dapat bermanfaat bagi semuanya, apabila ada kesalahan kami memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here